kuliner khas malang
Kuliner Malang

15 Makanan Khas Malang Yang Membuat Ngiler Dan Wajib Dikunjungi!

Kuliner khas Malang jadi perihal yang pastinya tidak boleh dilewatkan. Malang merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang sering dijadikan tujuan turis lokal maupun mancanegara. Baik dari wisata alam sampai Kuliner khas Malang, jadi energi tarik dari kota ini.

Terdapat banyak sekali Kuliner khas Malang yang telah tentu harus dicoba. Kuliner khas Malang dapat kalian temui dengan mudah di sepanjang sudut kota. Sebagian Kuliner khas Malang ini apalagi telah sangat terkenal dan dicap sebagai Makanan legendaris.

Lihat juga Rekomendasi Daftar Kuliner Batam Terbaik!

Wisata Kuliner Khas Malang

1. Bakso President

Bakso President lokasinya di Jalan Batanghari No 5, belakang Hotel Savana, Malang. Warung bakso President terdapat di pinggir rel kereta. Bakso President telah berdiri semenjak 1977. Disini banyak menu bakso khas Malang yang sangat lengkap, mulai dari bakso urat, bakso telur, bakso goreng, bakso udang, bakso bakar sampai tahu somay.

Para konsumen dapat juga memilih isian menu bakso sesuai dengan selera. Bakso President sendiri memiliki julukan sebagai pelopor bakso Malang.

2. Bakso Bakar Pak Man

Warung ini dapat dibilang salah satu pelopor bakso bakar di Malang dan telah puluhan tahun menggeluti bisnis bakso. Kuliner khas Malang ini terletak di Jalan Diponegoro No. 19 A Kota Malang. Bila mau mendatangi warung ini, mulai buka dari jam 09.00 hingga jam 21.00. Menu disini populer karena rasanya yang sangat pedas. Rasa pedas ini mulai dari tingkat satu sampai tingkat 3.

3. Bakso Bakar Pahlawan Trip

Tidak hanya bakso bakar di atas, yang juga harus didatangi merupakan Bakso Bakar Pahlawan Trip. Bakso Bakar Pahlawan Trip sediakan 2 pilihan rasa ialah pedas dan tidak pedas. Tidak hanya bakso juga terdapat siomay, aneka gorengan, tahu, pangsit mie, serta menu yang lainnya.

4. Cwie Mie

Cwie mie merupakan mi tipis yang dibumbui dengan minyak ayam dan disajikan simple bersama daging ayam cincang, sawi rebus, bawang goreng, acar mentimun rawit, irisan daun bawang, dan kerupuk pangsit. Cwie Mie adalah salah satu Kuliner khas Malang yang terkenal dan dapat ditemui dengan mudah di Malang.

5. Toko Oen

Pada saat di kota Malang tidak akan lengkap jika tidak mendatangi Toko Oen. Toko Oen ini merupakan kedai sangat tua di Malang yang menyajikan kuliner khas Eropa dengan resep yang tidak berganti semenjak dulu kala. Toko Oen sediakan bermacam-macam es krim buatan tangan dengan bermacam berbagai rasa, semacam coklat, vanilla dan aneka rasa campuran yang lain.

6. Pecel Kawi Hj. Musilah

Berikutnya, Kuliner khas Malang ini beralamatkan di Jalan Kawi Atas No. 43, Kota Malang. Warung ini menyajikan pecel dengan bumbu yang khas. Semenjak dini berdirinya Pecel Kawi pada tahun 1975, nasi pecel disini telah mempunyai banyak penggemar. Tidak hanya itu juga peyek yang gurih dan kriuk menaikkan kenikmatan Kuliner khas Malang yang legendaris ini.

7. Sego Resek

Kendati diberi nama resek, Kuliner khas Malang ini sesungguhnya merupakan nasi dengan banyak isian, seperti kecambah, kubis, daun bawang, dan sebagian topping nikmat berbentuk ayam goreng suwir, jeroan, dan juga telur yang digoreng dengan sangat sempurna.

8. Putu Lanang Celaket

Putu Lanang Celaket berdiri semenjak tahun 1935 dan sangat terkenal. Gerai Putu Lanang Celaket ini menjual kue putu terbaik dan sangat terkenal di Malang. Kuliner khas Malang ini buka mulai jam 17.30. Menu tidak hanya kue putu juga terdapat cenil dan lupis.

9. Angsle dan Ronde Titoni

Warung ini telah berdiri semenjak tahun 1948. Posisinya terdapat di dekat alun-alun Malang. Menu yang dijajakan terdapat wedang ronde basah, wedang ronde kering, kacang kuah, sampai angsle. Alamat lengkap warung ini terdapat di Jalan Zainal Arifin No. 17, Malang. Kuliner khas Malang ini cocok dimakan malam hari yang dingin.

10. Sate Gebug

Sate Gebug merupakan Kuliner khas Malang yang tidak boleh dilewatkan. Sesuai namanya, daging sate ini digebug (pukul- pukul) dulu saat sebelum terbakar. Sate gebug mempunyai dimensi jumbo dan dibuat dari daging sapi. Rasanya gurih manis dan teksturnya sangat empuk.

11. Sate landak

Selain  kelinci, di Batu Malang kalian juga dapat menemukan sate landak. Sate ini memiliki tekstur empuk dan mempunyai rasa gurih. Salah tempat mencicipi sate landak yang populer merupakan Warung Sate Landak Bu Ria yang terletak di Jalan Raya Bugis 47, Saptorenggo, Pakis, Malang. Tidak hanya sate, kalian juga dapat menemukan Kuliner dari landak yang lain seperti tongseng dan rica-rica.

12. Bakpao Boldy

Bakpao Boldy berdiri tahun 1950. Bakpao Boldy menawarkan menu bakpao bermacam-macam isian mulai dari ayam cincang, ayam kecap, babi kecap, kacang hijau, sampai kacang tanah, yang setelah itu diolah jadi pasta lembut yang manis dan juga gurih.

13. Rawon Brintik

Rawon Brintik ialah warung rawon yang telah terdapat semenjak 1942. Warung rawon ini terletak di Jalan K H. Ahmad Dahlan 39, Malang. Rawon Brintik saat ini telah dikelola oleh generasi keempat Rawon Brintik. Bahan dan cara pembuatannya juga masih sama dan terus diturunkan secara turun temurun.

14. Rawon Nguling

Rawon Nguling telah terdapat semenjak tahun 1982. Satu keistimewaan dari rawon ini merupakan kuahnya yang bercorak gelap tetapi tidak sangat pekat dan tidak berlemak. Tidak hanya itu potongan daging dari rawon ini juga terkenal besar-besar.

15. Pia Cap Mangkok

Jika Jogja memiliki bakpia pathok, Malang memiliki Pia Cap Mangkok. Kue satu ini telah jadi panganan kebanggaan Malang seja 1959. Pia Cap Mangkok, dimulai oleh pendamping Zabur Oetomo(Oei To Lam) dan Tri Pinarti(The Pin Nio) pada tahun 1959, meneruskan peninggalan resep dari para leluhur.

Sampai saat ini pembuatan pia Cap Mangkok masih memakai cara homemade satu per satu memakai tangan. Satu kotak Pia Cap Mangkok dibanderol dengan kisaran harga 15 ribu sampai 20 ribu rupiah.

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *